Sama seperti program aplikasi lain pada autoCAD juga terdapat Title Bar pada title bar ini kita bisa mengetahui nama file yang sedang kita buka, jika nama file-nya adalah drawing1.dwg itu berarti file defaultnya autoCAD atau bisa dikatakan lembar kerja baru-nya.
Dibawah title bar terdapat menu bar pada menu bar ini anda bisa mengetahui perintah-perintah yang dimiliki oleh AutoCAD.
Kemudian dibawah menu bar terdapat Tool Bar ada berbagai macam tool bar, untuk mengetahui tool bar-tool bar yang ada pada autoCAD 2011 anda bisa mengklik menu bar seperti Home, Insert, Annonate, Render, Solid, Surface, Parametric, View dan Manage, dibagian bawahnya terdapat icon-icon tool barnya seperti ini:

Yang selanjutnya pada komponen jendela aplikasi autoCAD 2011 adalah Tool Palette, pada tool palette ini biasanya berisi perintah-perintah untuk pengarsiran, garis detail, tabel dan lain-lain. Untuk mengaktifkan tool palette yaitu:
- Klik kanan pada bagian kosong di Menu Bar
- Pilih Tool Palette Grup => All Palettes

- Laku Klik kanan lagi pada bigian kosong di Menu Bar itu, dan pilih Show Related Tool Palette Group
- Maka akan tampil sebuah tab pada sisi kiri komponen jendela aplikasi autoCAD seperti ini...


Komponen aplikasi selanjutnya adalah area kerja (WorkSheet), ketika pointer mouse diletakkan/digeserkan ke area kerja maka pointer mouse akan berubah menjadi seperti ini  istilah ini pada autoCAD dinamakan Snap, pada lembar kerja autoCAD ada 2 macam yaitu lembar kerja Model (kita bisa menggambar di area kerja ini sebebas mungkin tanpa batas/Unlimited) dan satu lagi dinamakan lembar kerja Layout/work (Kita dibatasi dalam hal menggambar sesuai dengan ukuran kertas yan sudah kita pilih). Pada lebar kerja ini terdapat UCS icon yang bentuknya seperti ini..
UCS icon berfungsi untuk menentukan sumbu X dan Y pada proses penggambaran, dan apabila 3 Dimensi, terdapat lagi sumbu Z.

Dan yang selanjutnya pada autoCAD yang merupakan ciri khas dari autoCAD itu sendiri adalah Command Line, Command line adalah garis perintah dimana pada kotak ini kita bisa memasukkan perintah perintah pada autoCAD seperti menggambar garis, perintah edit dan lain-lain (Untuk cara memasukkan perintah pada baris command line saya akan membahasnya pada postingan yang akan datang)

Di bawah command line terdapat Status Bar, pada status bar ini salahsatunya ada informasi titik koordinat pada Snap/Cursors yang sedang kita gunakan.

Untuk postingan kali ini dicukupkan sekian, semoga bermanfaat sebagai langkah awal untuk belajar autoCAD lebih detail lagi...


0 komentar:

Post a Comment

 
Top